Selasa, 20 September 2016

SOAL-SOAL YANG MENUNTUT KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)



SOAL-SOAL YANG MENUNTUT KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)

Mata Pelajaran           : IPA
Kelas/Semester           : VII/1
Guru Mata Pelajaran  : Nanang Mulyana, SST
I.     Materi Pokok/Topik            : Besaran Pokok dan Besaran Turunan

1.      Di sebuah toko terdapat minuman segar yaitu satu botol besar berisi 3 L dengan harga Rp. 18.000 dan enam kaleng yang masing-masing berisi 200 mL, dengan harga Rp. 2000 tiap kalengnya.
a.      Berapakah volume minuman yang diperoleh dari satu botol besar, dan berapa volume minuman yang diperoleh dari enam kaleng? Nyatakan dalam Liter!
b.      Berapa harga minuman tersebut per-liternya jika membeli dalam kemasan botol? Hitung juga harga per-liternya jika membeli dalam kemasan kaleng? Manakah yang lebih murah?
2.       Suatu saat kamu diminta untuk melarutkan 20 gram gula pasir kedalam 500 mL air. Berapakah konsentrasi larutan gula pasir yang terjadi dalam satuan g/L ?
3.       Iwan menanam kecambah kacang tanah dalam pot. Pada permulaan pengukuran tinggi kecambah dari permukaan tanah 3 cm. Setelah 4 hari ternyata tingginya bertambah menjadi 9 cm. Coba kamu tentukan berapa laju pertumbuhan kecambah kacang tanah tersebut ?

II.                  Materi Pokok/Topik                                : Membedakan Makhluk Hidup danTak Hidup

1.          Jika kita perhatikan rumah / sarang tawon, dari hari ke hari ukurannya semakin besar.
Dari kejadian ini apakah sarang tawon tersebut disebut hidup? Jelaskan alasannya?
2.          Tentunya kamu mengetahui kendaraan mobil,  sepeda motor, dan pesawat terbang dari
ketiga  kendaraan tersebut mempunyai cirri dapat bergerak, dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskan jawaban kami bila dihubungkan dengan ciri-ciri makhluk hidup?

III.                Materi Pokok/Topik                                : Perpindahan Kalor

1.       Ketika kamu berolahraga, tubuh kita mengubah energy kimia yang berasal dari makanan menjadi energy gerak dan energy panas. Pada saat berolahraga itu tubuh kamu berkeringat. Mengapa dengan berkeringat suhu tubuh kamu tetap stabil? Jelaskan pendapatmu.

1 komentar: